Selasa, 30 November 2010

REOG PONOROGO

Reog Ponorogo adalah tarian yang berasal dari Kabupaten Ponorogo. Cerita reog yang terkandung di dalam reog ponorogo mengambil kisah Panji. Ceritanya berkisar tentang perjalanan Prabu Kelana Sewandana mencari gadis pujaannya, ditemani prajurit berkuda dan patihnya yang setia, Bujangganong. Ketika pilihan sang prabu jatuh pada putri Kediri, Dewi Sanggalangit, sang dewi memberi syarat bahwa ia akan menerima cintanya apabila sang prabu bersedia menciptakan sebuah kesenian baru. Maka terciptalah reog ponorogo.
Tarian ini sering dipertunjukan di Negara tetangga oleh TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang bekerja di sana yang kebanyakan berasal dari
Semakin kita memikirkannya kita semakin tertawa, kenapa ? karena Reog ponorogo berasal dari suatu daerh yang berada di pulau Jawa yang tidak dipengaruhi oleh budaya Melayu. Sehingga sangatlah tidak pantas reog ponorogo diklaim sebagai budaya milik mereka, apakah jika ada pendatang dari Negara lain yang membawakan tarian dari negaranya akan langsung diklaim sebagai milik mereka ? padahal sangatlah berbeda budaya.

(google)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar